Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Kreasikanlah Ruang Tamu Menjadi Tempat Yang Unik & Kreatif

Ruang tamu merupakan suatu tempat untuk menerima tamu sekaligus berkomunikasi dengan orang luar. Ruang tamu biasanya terletak dibagian depan susunan bangunan tinggalsehingga ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki. 


Bagaimana cara mendekorasi ruang tamu/keluarga dengan bujet minim?

Sama dengan mendekorasi ruang lainnya, bujet seringkali menjadi tantangan untuk dapat mendekorasi sesuai keinginan anda. Ini tips yang dapat anda ikuti untuk mendekorasi/memfurnis ruang dengan dana terbatas:
1. Mengganti warna cat: Untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas, anda dapat mengganti cat menjadi warna yang lebih terang seperti krem, peach atau pink pucat, biru terang atau abu-abu.
2.Bantal: 
Bantal membuat ruangan terasa lebih ramah dan nyaman. Padu padankan desain, pola, tekstur dan warna tekstil dengan tatanan ruang yang sudah ada. Pastikan ia memberikan sentuhan tersendiri tapi tetap serasi.

3. Ukuran furnitur: 
Jika dimensi ruang terbatas, tentu hal ini menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Misalnya sofa yang besar akan membuat ruangan terlihat lebih nyaman, tapi perlu diingat bahwa pemilihan sofa adalah sesuatu yang vital untuk ruang tamu/ruang keluarga. Sofa yang terlalu besar akan memakan terlalu banyak ruang dan membuat ruangan terasa jauh lebih sempit. Selain itu ia akan membatasi ruang gerak anda.

4. Fungsi furnitur: 
Pilih furnitur yang multifungsi. Jika sering ada tamu menginap dan anda tak punya ruang tidur tamu misalnya, anda dapat membeli sofa kecil yang dapat ditarik jadi tempat tidur (sofabed). Alternatif lain misalnya meja yang bisa dilipat jika tidak sedang dibutuhkan. Untuk ruang terbatas kreatifitas memang sangat penting!

5. Lampu gantung: 
mulai dari desain minimalis hingga chandelier, anda dapat memilih mana yang sesuai untuk ruangan anda. Lampu gantung dapat mempercantik ruang dan menciptakan ambiens yang sesuai, tanpa memakan ruang untuk furnitur lain.

6. Maksimalkan ruang penyimpanan
7. Hindari jumlah kursi yang terlalu banyak: 
Selain tidak efektif bujet, terlalu banyak kursi juga memakan terlalu banyak tempat.

Bagaimana cara mengatur pencahayaan maksimal untuk ruang tamu/keluarga?

Ada tiga fungsi utama pencahayaan di ruang tamu untuk meja lampu dan lantai, yaitu:
General lighting: 

terdifusi pada area yang lebih luas
task lighting 
ambient lighting.

Recessed lighting atau teknik pencahayan tersembunyi lebih sering dijumpai di hunian modern karena memberikan kesan bersih dan elegan. Pencahayaan ini cocok diterapkan di ruang mana saja, mulai dari teras, kamar mandi hingga ruang tamu atau ruang keluarga. Pencahayaan ini meliputi down light dan indirect light (pencahayaan tak langsung) pada langit-langit, back light, dim light, accent light dan low light. Seluruh area akan menjadi terang tanpa keberadaan fisik bohlam lampu karena ia tersembunyi.
Untuk ruang tamu atau ruang keluarga task lighting menjadi sesuatu yang kami sarankan karena letak ruang yang biasanya kurang akses pencahayaan alami sehingga perlu sumber cahaya buatan yang lebih efektif, terutama karena ruangan ini juga sering digunakan sebagai sumber aktifitas membaca. Hal ini juga menghemat energi karena ketika lampu utama dimatikan (general lighting) maka cukup task lighting saja yang dinyalakan.

Ide Renovasi Ruang Tamu/Keluarga

Terkadang ruang tamu atau ruang keluarga perlu diatur ulang interiornya atau bahkan direnovasi ketika anda merasa bahwa anda dan keluarga butuh suasana baru untuk penghuni dan tamu. Ini yang opsi mudah yang dapat anda lakukan:
1. Ganti warna cat dan buat suasana lebih cerah namun tampak natural. Jika anda ingin memasukkan unsur warna berani, misalnya anda dapat mengganti warna cat dengan yang cerah agar nampak bersih dan segar, dan menggunakan warna berani pada lantai untuk memberikan sentuhan unik dan segar.
2. Biarkan jendela terbuka, hilangkan korden jika memang tidak diperlukan dan memakan tempat.
3. Pilih beberapa tanaman berpot besar untuk kesan lebih segar, dan bukan banyak tanaman kecil karena akan terkesan berceceran di seluruh ruangan kecuali anda memiliki desain khusus menempatkan mereka di satu sudut atau di dinding/langit-langit.
4. Gunakan kombinasi warna yang pas. Misalnya dinding cerah, lantai dengan warna gelap dan berani, kemudian furnitur sederhana berwarna netral.

Berikut ini desain ruang tamu yang unik & kreatif :











Yuk untuk info lebih lanjut hubungi kami :

Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237 

Kreasikan lah desain ruang tamu kalian bersama kami tentunya CV. Istana Dekor siap membantu anda. 









Sumber :





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru