Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Desain Lobby Hotel

Lobby adalah sebuah ruang yang terdapat pada bangunan yang berfungsi sebagai ruang peralihan antara ruang luar dan ruang dalam bangunan. Lobby biasanya terdapat pada bangunan komersil seperti hotel, perkantoran, dan mall. Lobby juga dapat ditemukan pada fasilitas umum seperti rumah sakit. Lobby biasanya digunakan untuk ruang tunggu pengunjung sebelum masuk lebih jauh ke dalam bangunan. Sebagai tempat pertama yang didatangi pengunjung, lobby haruslah mencerminkan citra yang ingin ditampilkan oleh bangunan.


Apa saja yang terdapat pada ruang lobby?

Sebagai tempat tunggu dan transisi, yang biasanya terdapat pada ruang lobby antara lain:

  1. Resepsionis
         Jika anda mengunjungi suatu tempat yang belum pernah anda datangi, anda pasti akan menuju suatu tempat dimana anda bisa mendapat informasi dengan cepat. Maka, resepsionis adalah bagian yang penting dari sebuah lobby. Resepsionis juga dapat menjadi pusat dari sebuah lobby.

  2. Area tunggu
    Area tunggu di lobby dapat berupa kursi-kursi tanpa meja atau sofa set, tergantung kebutuhan. Furniture di dalam area tunggu di ruang lobby haruslah mencerminkan apa yang ingin ditampilkan dari bangunan. Jika anda ingin menampilkan kesan simpel dan casual, maka gunakan furnitur yang sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen. Jika anda ingin menampilkan kesan klasik dan mewah, maka gunakan sofa set yang berkesan mewah dan nyaman.

  3. Akses menuju ruang lain

        Akses ini dapat berupa pintu untuk menuju ruang tersebut, atau sebuah lorong, atau akses menuju lantai berikutnya misal tangga atau lift.

Apa yang harus diperhatikan dalam desain lobby?

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain lobby adalah luas ruangan dan memperhitungkan kapasitas orang di dalam lobby. Untuk desain lobby pada bangunan yang cukup besar, sediakan cukup ruangan di lobby untuk pengunjung duduk secara bersamaan.

Aspek fleksibilitas dan multifungsi juga perlu dihadirkan dalam desain lobby. Lobby dapat menjadi tempat berkumpul sementara, misal jika terjadi bencana. Akses keluar masuk juga haruslah mudah ditemukan dan dengan penanda yang mudah dipahami.

Jika mendesain lobby rumah sakit atau pelayanan publik lainnya, perhatikan akses untuk pengunjung yang memiliki keterbatasan atau disabilitas.

Bagaimana mendesain lobby hotel?

Poin utama dari setiap desain lobi hotel adalah resepsionis. Resepsionis sebagai hal pertama yang akan dilihat pengunjung, haruslah dirancang dengan mengedepankan kesan yang ingin ditampilkan dari hotel tersebut. Bagian utama resepsionis adalah meja dan dinding di belakangnya. Kedua hal ini perlu dirancang khusus, dengan meja resepsionis yang tinggi dan berkesan rapi, serta dinding belakang yang mencerminkan karakter hotel.

Di dalam lobby hotel terdapat area menunggu. Gunakan furnitur yang memiliki kesatuan kesan dengan keseluruhan lobi anda, seperti set kursi atau sofa. Jika mendesain hotel budget yang modern, ruang tunggu sederhana dengan furnitur yang memiliki ketahanan tinggi dan mudah dibersihkan sangatlah cocok. Jika mendesain lobby untuk hotel yang berkesan mewah, gunakan furnitur yang memiliki kesan mewah serupa, misal dengan gaya klasik dan sofa yang besar dan nyaman.

Setiap desain lobi hotel perlu terlihat menyeluruh. Desain keseluruhan perlu terlihat memiliki kesatuan antara tiap elemen seperti resepsionis dan ruang tunggu. Tentu saja dinamika visual juga harus menggambarkan karisma yang menarik para tamu dan meninggalkan kesan pertama yang baik, jadi berhati-hati dengan semua elemen desain seperti warna, bahan dan pencahayaan, adalah suatu keharusan. Desain lobi hotel adalah kumpulani dari banyak bagian kecil termasuk tata letak, furnitur, pencahayaan, skema warna, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah desain lobby :







Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi CV. Istana Dekor 

Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237














Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru

Label