Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Desain Tempat Bermain Anak Dirumah

Desain tempat bermain anak dirumah  sebuah permainan merupakan salah satu sarana yang bisa dijadikan sebagai jalan untuk melakukan tranformasi ilmu kepada anak-anak. oleh sebab itu, ketika seseorang anak bermain, berarti ini bukan sebagai permainan yang dapat menghibur atau melakukan aktivitas keceriaan yang tanpa makna, melainkan lebih dari itu, yaitu permainan yang dimainkan oleh siapa pun akan mempunyai arti yang mendidik, walaupun tanpa disadari oleh orang yang melakukannya. Apabila sebuah permainan diartikan demikian maka apapun bentuk permainan yang ingin dilakukan bersama dengan anak-anak, akan melahirkan sebuah jalan untuk membuat mereka semakin berkembang dan maju dalam pendidikan yang sedang dilalui. Lebih dari itu, tidak salah jika dengan melakukan permainan inilah, mereka bertambah cerdas dan pintar. 


Selama pertumbuhannya, minat dan permainan anak selalu terkait dengan perkembangan kemampuannya. Oleh karena itu berbagai permainan sebenarnya bisa di rancang secara sengaja dengan maksud agar anak meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. 

Ruang bermain memang bukanlah kebutuhan wajib dari sebuah rumah. Namun saat keluarga kecilmu sudah kedatangan si kecil, ruang bermain bisa sangat dibutuhkan. Ruang bermain akan membantu rumah jadi jauh lebih rapi, terhindar dari barang-barang dan mainan si kecil yang berserakan di ruang keluarga, kamar tidur, sampai ruang makan.
Karena kebutuhannya yang tergolong sekunder, masih banyak orang yang kurang memahami bagaimana dekorasi ruang bermain yang tepat agar ruang bermain berfungsi maksimal dan nyaman digunakan.
Yuk, biar si kecil nggak rewel, ciptakan dekorasi ruang bermain yang seru dan optimal lewat tips berikut!

1. Dekorasi Ruang Bermain dengan Warna yang Pas

Hal paling pertama dalam menata dekorasi ruang bermain adalah menentukan skema warnadari ruang bermain. Ruang satu ini memang identik dengan dekorasi ruang bermain yang penuh warna. Namun, kamu nggak bisa sembarang memilih warna jika ingin memberikan atmosfir yang maksimal pada ruang bermain anak.

Komposisi kontras dari warna-warna primer memang sering jadi pilihan banyak orang. Namun, terlalu banyak warna yang kontras bisa membuat mata menjadi lelah. Perpaduan dengan teknik gradasi warna bisa menjadi solusi yang lebih baik. Jadikan beberapa warna kontras sebagai aksen saja.
                                                                            pinterest.com
Jika ruang bermain anak digabung sebagai ruang tidur dan beristirahat, warna-warna lembut seperti warna pastel dan earthy color (cokelat, hijau, krem) bisa menjadi pilihan yang baik untuk dekorasi ruang bermain karena bisa memberikan kesan yang lebih menenangkan. Namun jika ruang bermain terpisah dari ruang tidur, kamu bisa berkreasi dengan warna-warna terang lebih berani seperti merah dan kuning.

2. Storage, Storage dan Storage

                                                                  pinterest.com
Seperti yang telah disebut di awal, adanya ruang bermain bakalan membantu hunian bebas dari mainan yang berantakan di berbagai ruang. Namun, bukan berarti mainan ini boleh berantakan di ruang bermain, lho.
Untuk itu, storage atau laci anak merupakan furnitur wajib untuk dekorasi ruang bermain anak kamu. Karena diperuntukkan untuk anak, rak penyimpanan yang digunakan untuk dekorasi ruang bermain pastikan memiliki ukuran yang mampu dijangkau si kecil.
                                                                           pinterest.com
Lemari yang terlalu tinggi akan mendorong keinginan si kecil memanjat untuk menjangkau mainannya. Hal ini tentu berbahaya. Selain terjatuh, masih ada resiko si kecil tertimpa lemari besar. Maka dari itu, selain ukurang yang terjangkau, gunakan juga material-material ringan seperti plastik.
Jika kamu memiliki ruang bermain dengan ukuran yang terbatas, manfaatkan storagemultifungsi sebagai dekorasi ruang bermain. Kamu bisa menciptakan kota storage yang bisa berfungsi sebagai couch ataupun ottoman untuk si kecil duduk. Jika ruang bermain terdapat tempat tidur, manfaatkan juga kolong tempat tidur sebagai storage.
Melalui laci-laci penyimpanan kamu juga bisa mengajari si kecil mengorganisir mainannya sendiri dengan memberikan warna yang berbeda atau label yang menjelaskan isi dari setiap laci.

3. Perabot yang Cukup, Lantai yang Luas dan Nyaman

                                                                           pinterest.com
Untuk dapat difungsikan sebagai ruang bermain yang maksimal, tentu si kecil membutuhkan ruang gerak yang memadai. Minimalisir penggunaan dekorasi ruang bermain berupa perabot-perabot yang berukuran terlalu besar atau yang tidak diperlukan. Hal ini akan memberikan lantai terbuka yang lebih luas sehingga si kecil bisa bermain dengan leluasa di lantai.
Karena akan banyak aktivitas bermain yang terjadi di lantai, lengkapi dekorasi ruang bermain anak dengan karpet atau lantai dengan permukaan yang tidak terlalu keras. Karpet bisa menjadi pilihan paling aman dari segi kenyamanan.

4. Dekorasi Ruang Bermain dengan Material yang Aman, Kuat, dan Mudah Dibersihkan

                                                                              pinterest.com
Memastikan keamanan dan kekuatan dari dekorasi ruang bermain anak adalah hal yang sangat penting. Mengingat yang menggunakan ruangan adalah si kecil, kecerobohan sedikit saja dalam dekor ruang bermain bisa berakibat fatal.
Pastikan hal-hal seperti cat dinding dan furniture plastik tidak mengandung racun. Hindari juga dekorasi ruang bermain yang memiliki sudut-sudut tajam. Perabot lengkung tanpa sudut bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi resiko benturan yang berbahaya.

5. Dekorasi Ruang Bermain Sesuai dengan Zoning Ruang

                                                                         pinterest.com
Meskipun fungsi utama dari ruang bermain anak adalah untuk membebaskan aktivitas si kecil, bukan berarti setiap aktivitas bebas dilakukan begitu saja. Kamu tentu nggak mau buku cerita tersiram cat air, atau mainan yang berserakan di seluruh sudut ruangan, kan?
Maka dari itu, pastikan dekorasi ruang bermain yang kamu tata bisa membagi dengan jelas area-area tersebut. Terutama jika kamu memiliki ruang bermain yang menjadi satu dengan kamar tidur anak, pastikan tidak ada mainan bertebaran di tempat tidurnya.
                                                                                pinterest.com
Pisahkan area kerja anak yang berupa meja belajar dan kursi dimana si kecil bisa membaca dan menulis disini. Pada area ini bisa kamu jadikan area baca juga dengan menambah dekorasi ruang bermain berupa rak buku kecil sebagai mini library.
Siapkan juga area kotor yang jauh dari dekorasi ruang bermain yang mungkin akan sulit dibersihkan jika terkena noda seperti tempat tidur dan sofa. Di area ini kamu bisa memberikan bidang lukis untuk si kecil bermain dengan cat air dan krayonnya.

6. Latih Motorik Anak lewat Dekorasi Ruang Bermain Anak

                                                            highfashionhome.com
Menghadirkan ayunan, perosotan, atau area memanjat yang biasa ada di taman bermain sebagai dekorasi ruang bermain bukanlah hal yang mustahil. Jika area ruang bermain yang kamu miliki memadai, menghadirkan berbagai objek ini sebagai dekorasi ruang bermain nggak cuma membuat ruang bermain semakin seru, tapi juga bisa melatih kinerja motorik si kecil.
Tidak hanya menciptakan ruang dimana si kecil bebas bergerak, hadirkanlah dekorasi ruang bermain yang memacu gerak motorik si kecil. Hal ini bisa dihadirkan lewat kasur bertingkatdengan kolong tempat tidur yang bisa difungsikan sebagai rumah bermain.
Kamu juga bisa bereksperimen dengan membuat lantai mezanin sederhana pada ruang bermain dengan perosotan atau ayunan kecil. Dengan begitu, si kecil jadi terdorong untuk terus bergerak, dan hal ini tentu baik untuk perkembangan motoriknya.

7. Beri Ruang untuk Ekspresi Seni Anak

                                                                           pinterest.com
Merancang dan mengatur dekorasi ruang bermain ternyata nggak semudah yang dibayangkan, bukan? Nggak cuma karena yang akan menggunakannya adalah anak-anak yang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda, tapi juga aspek keamanan dan juga keselamatan sangat perlu diperhatikan!
CV. Istana Dekor juga siap membantu menangani kebutuhan interior untuk desain tempat bermain anak, baik untuk dirumah, instansi seperti puskesmas ataupun rumah sakit kami bersedia. Beragam sekali manfaatnya apabila kita bisa mendesain tempat bermain anak sesuai dengan kebutuhan karena selain bermain juga dapat menumbuh kembangkan kreatifitas pada anak.
Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kami :


Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237




Sumber : 




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru

Label