Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Kreativitas Desain Tangga Rumah Minimalis Yang Elegan


Bagaimana trik desain tangga rumah minimalis? Kesederhanaan desain tangga rumah minimalis memerlukan perancangan, instalasi, dan finishing yang tepat dan akurat agar menciptakan hasil akhir yang tiada duanya.
Faktor penting untuk melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan trik desain tangga rumah minimalis. Selain sebagai penghubung antara tiap lantai pada rumah bertingkat, tangga juga berfungsi untuk memperindah interior rumah. Perkembangan properti yang pesat saat ini juga disertai dengan perencanaan matang untuk menciptakan berbagai model tangga minimalis dengan desain yang indah dan unik.

Model tangga rumah bertingkat House At Pasteur karya Januar Senjaya & Filani Limansyah/ADDO Architecture [Sumber: arsitag.com]

Faktor penting tangga rumah minimalis yang elegan

Sebelum mulai merancang tangga rumah minimalis, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa faktor dalam memilih model tangga rumah minimalis sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang tepat dan sempurna. Berikut adalah tips memilih tangga yang tepat.

a. Model dan Desain

Tentukan model dan desain tangga rumah minimalis yang ingin Anda ciptakan sesuai dengan konsep desain rumah yang Anda miliki.

b. Posisi tangga

Posisi tangga sebaiknya berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah sehingga mendukung kelancaran mobilitas pemilik rumah.

c. Keamanan

Harus dilengkapi dengan railing tangga, entah terbuat dari kayu atau besi. Railing tangga bertujuan untuk mengantisipasi dan menghindari kemungkinan kecelakaan seperti terjatuh dari tangga, terutama pada anak kecil dan lansia.

d. Kualitas anak tangga

Kualitas anak tangga adalah hal penting berikutnya karena akan menentukan ketahanan tangga tersebut. Sebaiknya gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama.

e. Peralatan berkualitas

Gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama. Harga yang sedikit lebih mahal, tetapi berkualitas akan menjamin umur tangga rumah minimalis tersebut.

Trik desain tangga rumah minimalis yang elegan

Berikut ini adalah trik desain tangga rumah minimalis yang elegan dan kreatif yang bisa Anda pertimbangkan untuk rumah Anda.

1. Variasikan lebar

Trik desain tangga rumah minimalis Private Residence - Serpong Karya Mimo Home Interior Design & Build [Sumber: arsitag.com]
Cobalah trik desain tangga rumah yang kreatif ini. Kebanyakan tangga biasanya memiliki lebar anak tangga yang sama. Namun, pertimbangkan untuk membuat tangga dengan lebar yang bervariasi dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin untuk menghasilkan pola yang menarik.
                                                     Trik desain tangga rumah unik [Sumber: home-designing.com]
Ingin desain yang berbeda? Pertimbangkan tangga minimalis di ruangan sempit dengan pola unik secara vertikal ini apabila Anda memiliki rumah yang mungil.

2. Berkreasi dengan railing


          Model tangga rumah bertingkat "S" House karya Simple Projects Architecture [Sumber: arsitag.com]
Tidak ada aturan baku yang menyebutkan bahwa railing tangga harus dipasang sejajar dengan tangga. Tiang-tiang besi vertikal ini menambahkan keamanan railing dan memberikan tampilan visual yang fantastis.
                                                              Trik desain tangga rumah kreatif [Sumber: decorazilla.com]
Bosan dengan railing tangga vertikal? Anda bisa menciptakan desain railing tangga yang kreatif seperti gambar di atas.

3. Pasang dinding parapet


                            Omah Kawung At Jagakarsa karya imron yusuf-ifd architects [Sumber: arsitag.com]
Untuk keamanan maksimal, tempelkan tangga dengan dinding pembatas (parapet). Seperti Omah Kawung At Jagakarsa karya imron yusuf-ifd architects, ornamen pada parapet tangga adalah tambahan yang unik dan menjaga agar ruang tangga tidak berkesan sempit.

4. Semi privasi


                                                    Desain tangga rumah minimalis [Sumber: arden.net.au]
Apabila Anda tidak menyukai kesan tertutup pada parapet tangga, Anda bisa menonjolkan estetika sekaligus tetap mempertahankan segi keselamatan dengan parapet semi-transparan dari bahan kayu tersebut.
                                                         Model tangga rumah bertingkat [Sumber: contemporist.com]
Atau Anda juga bisa menggunakan material lain seperti baja dekoratif dengan berbagai macam pola yang unik.

5. Tangga split / penguin


                     Tangga minimalis di ruangan sempit oleh nC2architecture [Sumber: twistedsifter.files.wordpress.com]
Anak tangga berselang-seling dirancang untuk menonjolkan kesatuan fungsional, struktur dan bentuk yang sempurna. Berkenaan dengan fungsionalitas, tangga split ini terasa nyaman, aman, dan hemat ruang. Sehubungan dengan struktur, bentuk geometri pada anak tangga, memungkinkan struktur terpasang dengan aman pada satu balok utama.

6. Penggunaan cat

                                                     Trik desain tangga rumah [Sumber: decorazilla.com]
Ingin kesan yang lebih unik dan kreatif? Anda bisa mengecat tangga sekaligus dinding dengan warna cerah juga dapat menciptakan ilusi optik dan efek dramatis yang berbeda dari lainnya.

7. Kekayaan material


          Desain tangga rumah minimalis "S" House karya Simple Projects Architecture [Sumber: arsitag.com]
Pilihlah desain yang tidak lazim untuk tangga Anda. Untuk gaya desain tangga rumah minimalis, anak tangga bisa berupa papan-papan horizontal yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Balok-balok kayu ini merupakan unsur pelengkap gaya rustic untuk rumah minimalis ini.
                                Model tangga rumah minimalis yang unik [Sumber: home-designing.com]
Atau, pikirkan tangga beton untuk tampilan kontemporer yang tidak lazim.

8. Ilusi gantung


            Desain tangga rumah minimalis dengan efek mengambang [Sumber: twistedsifter.com]
Dibuat dengan bentuk tapak terbuka dan ramping, desain tangga rumah ini seakan menciptakan ilusi tanpa beban.

9. Landing multifungsi


Trik desain tangga rumah minimalis Inset House karya Delution Architect [Sumber: arsitag.com]
Tambahkan landing tangga yang tak terduga dan menarik, yang berbeda dari kebanyakan tangga lainnya. Pasang laci untuk penyimpanan ekstra atau furnitur multifungsi yang terintegrasi pada landing seperti pada Inset Housekarya Delution Architect.

10. Ubin geometris


                                       Pola ubin pada desain tangga rumah minimalis [Sumber: hongkiat.com]
Tambahkan elemen grafis pada anak tangga Anda. Pilihlah pola yang berbeda untuk membuat perjalanan menaiki tangga menjadi menyenangkan, misalnya pola geometris yang menarik seperti tangga di atas.

11. Solusi smart storage

                                              Tangga minimalis di ruangan sempit [Sumber: hongkiat.com]
Jika Anda memiliki rumah minimalis bertingkat yang mungil sehingga harus memaksimalkan ruang yang ada, Anda dapat mempertimbangkan solusi smart storage. Trik desain tangga rumah minimalis ini menggabungkan desain dan fungsional sehingga terciptalah tangga yang terintegrasi dengan laci-laci penyimpanan barang Anda.

12. Kemewahan bagi anak-anak


                          Model tangga rumah bertingkat minimalis [Sumber: saragrilloinvestments.com]
Mengapa tidak menyatukan ide seluncuran yang terintegrasi dengan tangga? Model tangga rumah bertingkat minimalis ini tentunya yang paling disukai anak-anak dan bahkan orang dewasa!

13. Konsep 'mix-match’

14. Pencahayaan tangga


15. Serba-kaca


                                     Tangga rumah minimalis serba-kaca [Sumber: twistedsifter.com]
Untuk tangga yang seakan-akan lenyap begitu saja, pertimbangkan untuk menggunakan kaca.

16. Desain unik & kreatif


Trik desain tangga rumah minimalis unik [Sumber: home-designing.com]
Buatlah desain unik Anda sendiri. Bukan hal yang mustahil untuk menciptakan desain tangga rumah minimalis sesuai dengan impian Anda.
Jika Anda ingin model tangga rumah sederhana, Anda bisa berkonsultasi dengan CV. Istana Dekor terkait penggunaan interior tersebut.
Tertarik ingin mencoba trik desain tangga rumah minimalis yang unik dan keren ini?
Yuk hubungi CV. Istana Dekor 
Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru