Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Tanaman Toga Yang Memiliki Sejuta Manfaat

Mengenal Tanaman Toga dan Manfaatnya

Sebelum mengenal obat dalam bentuk tablet dan sirup, leluhur kita memanfaatkan tanaman untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman obat dikenal juga sebagai tanaman herbal atau tanaman toga (tanaman obat keluarga). Tanaman toga tidak hanya ampuh menyembuhkan penyakit, tapi juga aman untuk kesehatan meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Lain halnya dengan obat modern yang memiliki efek samping.
Tanaman toga mudah untuk ditanam di halaman rumah atau bahkan di dalam pot sehingga saat membutuhkannya, kamu bisa langsung mengolahnya. Tertarik untuk mencoba menanam tanaman toga di rumah? Kamu harus kenali dulu tanaman toga. Oleh karena itu, di bawah ini kami sudah merangkum serba-serbi tanaman toga yang harus kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya!

Sejarah tanaman toga dari berbagai negara

Di Mesir pada tahun 2500 SM, tanaman toga bawang terkenal untuk mengobati demam dan infeksi. Catatan mengenai tanaman toga ini kemudian berkembang dan menjadi panduan para pendeta Mesir kuno untuk pengobatan herbal.
Sedangkan di Yunani, ada banyak catatan mengenai tanaman toga. Semuanya dirangkum dalam De Materia Medica. Tanaman toga yang paling umum digunakan oleh bangsa Yunani kuno adalah rosemary dan lavender.
Tanaman toga di negara Cina sudah dikenal sejak tahun 3000 SM. Tidak heran kalau negara Cina hingga saat ini terkenal dengan pengobatan herbal. Bahkan ada penemuan gulungan sutra yang sudah berusia tua berisikan racikan tanaman toga.
Sementara itu, di Indonesia sendiri tanaman toga sudah dikenal sejak abad  ke-18. Oleh karena itu, menanam tanaman toga di halaman rumah bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia.

Merawat tanaman toga secara umum

Merawat tanaman toga tidaklah sulit, bahkan di negara yang beriklim tropis sekalipun. Kamu hanya membutuhkan lahan halaman atau pot, bibit tanaman toga, serta air dan pupuk. Secara umum, pupuk yang boleh digunakan adalah pupuk kandang dan pupuk organik. Hal ini bertujuan untuk mencegah tanaman toga menyerap bahan-bahan kimia.
Rutinlah memberikan air sesuai kebutuhan masing-masing tanaman toga. Jangan lupa untuk menempatkan tanaman toga pada area yang terkena sinar matahari agar dapat tumbuh dengan sempurna.

Tanaman toga yang dimanfaatkan akarnya

Tidak semua bagian tanaman toga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Ada beberapa tanaman obat yang hanya bermanfaat pada bagian-bagian tertentu saja, seperti pada bagian akarnya. Misalnya saja akar pohon pepaya sebagai obat cacing, akar pohon aren sebagai obat diuretik, akar pule pandak sebagai obat tekanan darah tinggi, dan akar alang-alang sebagai pelancar buang air kecil.

Tanaman toga yang dimanfaatkan daunnya

Di Indonesia, bagian tanaman toga yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya. Ada banyak sekali tanaman toga yang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Namun, yang paling populer di antaranya adalah daun kumis kucing sebagai obat kencing manis, daun belimbing sebagai obat tekanan darah tinggi, daun kelor untuk mengobati demam dan memperlancar ASI, serta daun sirih sebagai obat batuk. Ada juga daun pepaya dan jambu biji untuk mengobati diare. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

Tanaman toga yang dimanfaatkan batangnya

Batang kayu manis lebih dikenal sebagai bumbu dapur, terutama untuk melengkapi cita rasa kue. Tapi tahukah kamu, kalau kayu manis juga bermanfaat untuk mengobati aneka penyakit? Di antaranya adalah untuk mengobati batuk, sesak nafas, perut kembung, dan diare.
Tanaman toga lain yang dimanfaatkan batangnya adalah dadap ayam yang bermanfaat untuk mengobati asma. Ada juga batang brotowali yang ampuh mengatasi sakit kuning, diabetes, dan demam.

Tanaman toga yang dimanfaatkan buahnya

Tanaman toga yang dimanfaatkan bagian buahnya juga tidak kalah banyak dan ampuh. Pertama-tama ada buah mengkudu yang ampuh melawan aneka penyakit. Di antaranya adalah radang usus, susah buang air kecil, batuk, amandel, lever, dan tekanan darah tinggi.
Selanjutnya ada buah jeruk nipis yang diperas untuk mengobati demam, batuk, dan menghilangkan bau badan. Cabai merah yang biasa dipakai sebagai bahan masakan pun bisa diolah sebagai obat gosok untuk rematik dan masuk angin. Terakhir, ada belimbing wuluh untuk mengobati batuk dan melegakan pernafasan.
Tak hanya sebagai obat saja, beberapa tanaman toga di atas juga bisa dimanfaatkan untuk memasak, lho! Semoga ulasana serba-serbi tanaman toga ini bermanfaat dan membuatmu semakin bersemangat untuk menanam toga, ya!
Untuk pembuatan vertical garden berkonsep tanaman toga, anda tidak perlu khawatir. Cv. Istana Dekor menyediakan.... konsep vertical garden sesuai dengan kebutuhan

Untuk infolebih lanjut dapat menghubungi :

Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237









Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru