Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang


Oleh karena situasi dan kondisi, kadang tinggal di hunian dengan luas area terbatas tak terhindarkan bagi beberapa orang. Entah rumah di kompleks perumahan atau apartemen. Namun, keadaam bukanlah halangan untuk menciptakan ruang hidup yang ideal untuk kita dan seluruh keluarga. Ruang tamu berbentuk sempit memanjang tetap berpotensi memberikan kenyamanan. Salah satu dari desain ruang tamu berikut ini pasti bisa menginspirasi Anda. 
1. Sofa tunggal panjang
Mengingat ruang yang terbatas, batasilah jumlah furnitur di ruang tamu/ ruang keluarga mungil. Pilih sofa single yang sama panjang dengan panjang ruangan. 

2. Ruang tamu dan ruang makan
Anda juga bisa membagi ruangan menjadi dua area, yaitu ruang tamu dan ruang makan. Gambar menunjukkan sebuah ruangan yang berbentuk zigzag akibat struktur bangunan. Meski demikian, ruangan ini telah ditata secara efektif dengan menjadikan sudut ruangan sebagai ruang makan. 

3. Di depan jendela
Apalah fungsi panorama indah di luar bila tidak untuk dinikmati? Cara lain menyiasati bentuk ruangan yang kecil memanjang adalah membuat jendela besar di salah satu sisinya. Lalu menata area duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan di luar jendela. 

4. Meja sebagai pusat perhatian
Bahkan ruangan kecil pun memiliki kesempatan untuk tampil menarik secara  sederhana. Pilih atau buat meja kopi berdesain unik, tapi jangan lupa sesuaikan warnanya dengan sofa dan karpet. 

5. Aksen dinding
Mengecat warna satu bagian dinding dengan warna berbeda sering diaplikasikan untuk menciptakan keluasan secara visual. Pada contoh ini ada dua dinding yang warnanya berbeda, bahkan saling berlawanan. Meski demikian suasana tidak tampak tumpang tindih karena desainer menempatkan satu jendela kaca besar dengan bingkai kontras. 

6. Warna dan motif di dinding
Cara ini hampir sama dengan contoh sebelumnya. Bedanya, aplikasi warna menempati bidang yang luas sampai ke langit-langit ruangan. Dua kedalaman warna turqoise di dinding berhadapan dengan dinding yang didekorasi motif geometris. 

7. Rak dinding tempel
Rak dinding tempel bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga dekorasi. Tergantung pada benda apa yang kita letakkan di sini, dan bagaimana cara menyusunnya. 

8. Panel dinding yang dapat dipindah
Panel dinding seperti contoh tebuat dari bahan kayu, dapat dipindah atau dilepas, dan dapat didekorasi dengan lampu agar lebih menarik. Selain itu, panel kayu ini juga fungsional karena kita bisa menggantungkan televisi layar datar di sisi depan panel. 

9. Langit-langit tinggi
Cara ini bisa dibilang klasik, tapi tak perlu diragukan lagi keampuhannya dalam mendatangkan kesan lapang di ruangan sempit. Di ruangan ini kesan luas itu juga terbentuk berkat penggunaan warna putih dan jendela kaca tinggi sampai ke langit-langit. 

10. Detil fungsional
Di sini kita melihat bagaimana gagasan desainer dalam memadukan antara nilai visual dan fungsionalitas. Sebuah ruangan yang terbatas sebaiknya tidak hanya dipenuhi benda hiasan. Apa sih gunanya sesuatu yang indah bila tidak bermanfaat? Rak buku berbentuk pohon adalah cara kita menghargai buku sebagai sumber pengetahuan. 

11. Karpet sebagai pusat perhatian
Nuansa gelap tampak mendominasi ruang tamu yang didekorasi dengan gaya kontemporer. Putih, hitam, dan abu-abu berpadu sempurna di ruangan ini. Sementara karpet hitam putih bermotif geometris dihamparkan di atas lantai beton, menjadi detil yang menyita perhatian. 

12. Ruang tamu dan ruang kerja
Selain membagi ruangan menjadi ruang tamu dan ruang makan, inilah alternatif lain untuk ruangan berbentuk sempit memanjang. Bagi dua area, satu area lebih lebar daripada area lainnya. Area ini bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu atau ruang keluarga, sementara area lain berfungsi untuk ruang kerja. 

13. Dinding serbaguna
Di ruang keluarga ini, dinding lebih dari sekedar tempat menggantungkan televisi. Di sini dinding juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan memajang hiasan. Lemari berpintu kayu bukan hanya membantu menyembunyikan benda-benda yang berserakan, tapi juga mempercantik ruangan. 

14. Minimalis
Agar mata tak merasa sakit melihatnya dan agar ruang gerak lebih leluasa, lebih baik batasi dekorasi dan furnitur yang digunakan. Lebih baik lagi bila warna yang digunakan pun tidak menarik perhatian. Interior minimalis selalu berhasil untuk ruangan sempit memanjang. 

15. Serba putih
Warna putih adalah warna wajib untuk ruangan yang luasnya terbatas, karena efeknya yang mampu memantulkan cahaya dan merefleksikan sesuatu yang tak terbatas. Sentuhan industrial memenuhi atmosfer ruangan, berkat ide brilian desainer memanfaatkan furnitur kayu bekas. 

Sumber : 
https://www.homify.co.id/ideabooks/4808272/15-cara-menata-ruang-tamu-sempit-memanjang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru