Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Tips Mudah Mencuci Gordyn


Ingatkah Ibu kapan terakhir kali mencuci gorden-gorden di rumah? Ukuran gorden yang lebar dan juga bahannya yang khusus terkadang membuat Ibu enggan untuk mencuci gorden sendiri. Gorden sebaiknya dicuci 3 hingga 6 bulan sekali. Alasannya cukup sederhana, karena posisi gorden yang selalu menggantung di jendela maupun di pintu membuat gorden menjadi tempat bersarangnya debu. Gorden menjadi cepat kotor dan kusam,yang tentunya tidak baik untuk kesehatan sistem pernafasan, terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki asma atau alergi terhadap debu. Ibu tentu dapat menyiasati hal ini dengan membawanya ke penatu.
Cara ini memang lebih mudah, namun tentunya membutuhkan biaya ekstra. Padahal, jika mengetahui tipsnya, tentu Ibu lebih memilih untuk mencuci gorden sendiri di rumah. Untuk mengetahui cara mencuci gorden dengan mesin cuci dan juga beberapa tips dalam menyetrika gorden simak lebih lanjut di dalam artikel ini!

Kenali Bahan Pembuat Gorden

Memang tidak semua gorden dapat dengan mudah dicuci dengan mesin cuci. Untuk gorden yang terbuat dari katun, polyester atau satin yang bersifat ringan dan lemas, pada umumnya dapat dicuci biasa dengan mesin cuci. Sedangkan bahan yang lebih berat dan tebal seperti beludru dan organza membutuhkan pengaturan khusus saat dicuci dengan mesin cuci.
Sebelum mencucinya atau membawanya ke penatu, sebaiknya kenali dulu bahan gorden Anda. Kebanyakan gorden memang tidak memiliki keterangan label perawatan. Ada baiknya bertanya pada penjual saat Ibu membelinya, apakah gorden tersebut terbuat dari bahan yang dapat dicuci biasa atau harus dengan jasa dry clean.  

Atasi Noda Pada Gorden

Sebelum mencuci gorden dengan mesin cuci, pastikan bahwa gorden Ibu sudah bersih dari noda. Untuk noda ringan seperti makanan atau jejak tangan, Anda dapat langsung mencucinya menggunakan mesin cuci dengan pemilihan deterjen Matic yang tepat. Apabila Ibu harus menghadapi noda yang sangat membandel, oleskan sedikit deterjen cair langsung pada noda tersebut. Selanjutnya rendam bagian gorden yang terkena noda selama kurang lebih setengah jam. Lalu angkat dan kucek bagian yang terkena noda hingga noda memudar dan menghilang.  

Mencuci Gorden dengan Menggunakan Mesin Cuci

Untuk gorden yang sangat kotor, aktifkan fungsi pra-cuci atau pre-wash pada mesin cuci Anda. Pre-wash merupakan proses perendaman tanpa deterjen. Fungsi ini membantu proses pengangkatan debu dan kotoran pada gorden sebelum proses pencucian. Fungsi ini selain memastikan hasil cucian lebih bersih juga meringankan proses pencucian itu sendiri. Dengan demikian, untuk pencuciannya Ibu cukup memilih pengaturan putaran delicate yang tentunya lebih baik untuk serat-serat kain dan dapat membantu menjaga keawetan gorden.

Pastikan juga Anda menggunakan deterjen yang sesuai dengan mesin cuci yang Anda miliki di rumah. Untuk mesin cuci bukaan atas, gunakan deterjen dengan tingkat deterjensi tinggi yang menghasilkan busa yang banyak. Sedangkan untuk mesin cuci bukaan depan, gunakan deterjen dengan tingkat deterjensi rendah sehingga busa yang dihasilkan sedikit.
Rinso Matic memiliki dua jenis deterjen yang sesuai untuk mesin cuci Anda. Rinso Matic Top Load untuk mesin cuci bukaan atas dan Rinso Matic Front Load untuk mesin cuci bukaan depan. Menggunakan deterjen yang sesuai dengan mesin cuci yang Ibu miliki penting untuk meperoleh hasil pencucian yang maksimal dan sekaligus memelihara tabung mesin cuci Anda.

Cara Menyetrika Gorden

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan pada saat pencucian untuk membuat pekerjaan menyetrika gorden menjadi lebih ringan.
  • Bergembiralah kalau mesin cuci yang Ibu miliki sudah dilengkapi dengan pengaturan Anti Kusut karena bisa jadi Ibu bahkan tidak perlu menyetrika gorden tersebut.
  • Pastikan Ibu hanya memasukkan maksimal 2 lembar gorden ke dalam mesin cuci dan tidak mencampurnya dengan bahan berukuran lebar lainnya seperti seprai atau karpet. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang gerak yang lebih banyak pada gorden sehingga meminimalisir munculnya kusut dan lipatan.
  • Saat merendam gorden, gunakan deterjen yang mengandung pelembut seperti Rinso Molto Ultra Cair untuk menghaluskan kain sehingga mencegah kekusutan.
Jika ada bagian gorden yang masih kusut, Ibu bisa menyetrikanya dengan cara berikut ini:
  • Gunakan pengaturan panas yang sedang dan jangan terlalu tinggi untuk tidak merusak serat kain gorden.
  • Lipat gorden menjadi beberapa bagian lalu setrika gorden per bagian tersebut.
  • Alternatif lain, Ibu bisa menyetrika gorden perlahan-lahan mulai dari bawah ke atas.
Mudah, bukan? Mengapa menghabiskan uang untuk membawa gorden ke penatu kalau Ibu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan mesin cuci.

Sumber : https://www.rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/kain/panduan-praktis-cara-mencuci-dan-menyetrika-gorden.html

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru