Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Tips Memilih Wallpaper Untuk Ruangan Sempit


Banyaknya berbagai pilihan corak dan warna wallpaper saat ini tentunya akan membuat anda menjadi kebingungan dalam memilihnya.
Pemilihan wallpaper yang tepat dengan mempertimbangkan perabot yang akan digunakan akan menimbulkan efek keselarasan yang baik.
Oleh karena itu jangan sampai anda memilih corak yang bertolak belakang dengan perabot rumah anda. Ketidak seimbangan akan menciptakan suasana yang kurang nyaman sehingga ruang luas pun bisa menjadi sumpek dan tidak nyaman.
Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :
1. Pilihlah Wallpaper Dengan Warna Senada Dengan Perabot Ruangan
Warna senada yang digunakan untuk penerapan suatu ruangan sangatlah penting. Nilai estetika dan kesan saat pertama masuk ke ruangan tersebut menjadi hal yang utama. Karena akan menentukan rasa betah dan nyaman saat berada di ruangan tersebut.
Yang dimaksud warna senada disini ialah dengan mempertimbangkan desain dan warna perabot yang akan digunakan. Dengan begitu selain menimbulkan kesan ruangan yang luas, perabotan yang ada akan menjadi perhatian karena akan terlihat lebih menonjol.
Keseimbangan yang diciptakan juga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas mood penghuninya. Sehingga ide – ide kreatif bisa muncul, pikiran menjadi lebih fresh, dan produktivitas di rumah semakin meningkat.
2. Pilihlah Wallpaper Dengan Warna Soft
Pemilihan tingkat kontras pada suatu warna juga perlu diberikan perhatian lebih. Penggunaan warna senada namun terlalu terang akan membuat ruangan menjadi semakin sempit. Kemudian perabot yang ada juga tidak lagi menjadi perhatian bahkan terlihat tenggelam karena kalah dengan warna wallpapernya.
Disarankan untuk memilih warna yang lebih kalem atau sekarang ini lebih dikenal dengan warna pastel. Keteduhan dan kenyamanan akan tercipta sehingga ruangan akan terasa lebih luas dari pada ukuran sebenarnya.
Untuk menciptakan warna yang unik, anda bisa mencoba untuk melakukan kombinasi warna dan pencampuran warna utama dengan warna dasar seperti putih. Keceriaan yang tampak akan semakin menambah suasana ruang menjadi terlihat luas.
3. Pilihlah Wallpaper Dengan Mempertimbangkan Motif
Jika perabotan mempunyai banyak variasi dan corak, maka anda harus menghindari penggunaan wallpaper dengan corak yang terlalu ramai. Terapkan saja wallpaper tanpa corak apapun. Itu akan membuat ruangan anda menjadi lebih menarik dan lebih luas.
Demikian pula sebaliknya, apabila perabotan yang digunakan menggunakan desain dan corak minimalis, maka anda bisa menerapkan wallpaper dengan berbagai macam motif. Teknik seperti ini terkadang masih banyak orang yang belum mengetahuinya.
Padahal sebenarnya bisa dilakukan dan dipahami dengan mudah teknik penataan ruangan. Anda hanya perlu lebih peka terhadap kondisi di sekitar. Misalnya saja saat anda berkunjung atau pun silaturahmi ke rumah saudara, tetangga dan bahkan teman, sebaiknya anda memperhatikan dekorasi dan penataan ruangnya.
Cara ini dirasa sangat efektif untuk menambah wawasan anda dan menggali kemampuan anda dalam bidang desain setta penataan ruangan sehingga akan tampak jauh lebih menarik. Yang sempit menjadi terasa lebih luas dan yang luas menjadi terasa semakin luas.
4. Jangan Menggunakan Wallpaper Yang Warnanya Bertolak Belakang Dengan Perabot
Warna ataupun corak wallpaper yang bertolak belakang dengan perabot akan menyebabkan ketidakseimbangan. Inilah penyebab utama yang nantinya akan membuat ruangan menjadi terlihat semakin sumpek dan sempit karena faktor kenyamanan tidak tercipta.
Melihat kenyataan yang ada tersebut, saya sarankan untuk tidak mencoba menggunakan wallpaper dengan warna yang bertolak belakang. Anda harus mencoba memahami reaksi apa yang akan terjadi dari banyak orang dengan kondisi semacam itu.
Dengan begitu anda akan menjadi lebih paham bagaimana mendesain ruangan agar terkesan lebih luas dan juga nyaman. Sehingga pengetahuan dan pengalaman anda juga semakin bertambah mengenai perihal desain.
5. Pilihlah Wallpaper Dengan Motif Garis
Tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit selanjutnya adalah menerapkan motif garis. Motif garis dipercaya akan membuat ruangan menjadi terkesan lebih panjang dan luas. Namun jangan mengaplikasikan warna yang terlalu gelap, karena warna gelap menyerap cahaya yang ada sehingga akan terlihat sempit.
Gunakanlah warna pastel yang sedikit cerah, pancaran cahaya yang ada akan membuat ruangan menjadi semakin bersinar. Hal tersebut secara tidak sadar akan memunculkan kesan ruangan menjadi lebih luas daripada aslinya. Teknik yang sebenarnya mudah namun masih banyak orang tidak mengetahuinya.
6. Pilihlah Jenis Wallpaper Yang Tepat
Banyaknya jenis wallpaper yang beredar di pasaran terkadang membuat kita menjadi kebingungan. Jika anda ingin membuat ruangan sempit menjadi tampak lebih luas, saya sarankan untuk memilih jenis vinyl. Selain mempunyai daya tahan yang kuat, jenis vinyl pada saat dipasang akan lebih rapi.
Kerapian yang disuguhkan akan membuat ruangan tampak lebih nyaman, luas dan bernilai seni. Untuk itu begitu pentingnya kedudukan jenis sebuah wallpaper yang akan membantu anda dalam menciptakan suasana berbeda di setiap ruangan nantinya.
Terlebih lagi trend saat ini banyak orang yang cenderung menyukai warna pastel. Dengan begitu anda tidak akan dianggap ketinggalan jaman karena sudah mengikuti arus perkembangan zaman.
7. Minimalkan Pemasangan Sambungan Wallpaper
Pemasangan wallpapaper yang banyak terdapat sambungan dan terlebih lagi pengerjaannya kurang rapi akan menimbulkan efek ruangan terlihat lebih sempit menurut pandangan saya pribadi. Mungkin karena nilai estetika yang muncul menjadi berkurang.
Untuk itu sangat disarankan apabila menerapkan wallpaper dengan banyak sambungan harap untuk memperhatikan pemasangannya. Jangan asal pasang saja dan ujung – ujungnya berantakan sehingga pekerjaan menjadi sia – sia. Selain itu juga tindakan tersebut termasuk pemborosan saja.
8. Pilihlah Wallpaper Dengan Bahan Yang Tepat
Terkadang bahan wallpaper yang digunakan dalam proses pemasangan pada dinding ruangan anda juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan yang anda gunakan. Jika tidak bias jadi ruangan anda akan terlihat semakin sempit daripada ukuran aslinya.
Pilihnya wallpaper dengan bahan yang tidak terlalu tebal atau pun dengan motif timbul, hal tersebut akan menambah kesan sempit pada ruangan anda. Bahan tebal dan bermotif juga dibanderol dengan harga relative mahal. Jadi anda tidak perlu merogoh kantong dalam – dalam.
Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.
Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.
Sumber:
https://rumahlia.com/perawatan/dinding-tembok/tips-memilih-wallpaper-untuk-ruangan-sempit

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru

Label

Arsip Blog