Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Tips Memilih Wallpaper Untuk Desain Interior Rumah Nyaman


Kehadiran wallpaper dalam desain interior rumah mempermudah dan sangat membantu para desainer atau pemilik rumah dalam mendesain interior rumahnya. Meskipun saat ini ada juga yang memilih mempercantik dinding dengan menggambar lukisan dinding namun wallpaper masih menjadi alternatif yang disukai orang. Wallpaper ini dapat menjadi pengganti lukisan dinding. Yang dibutuhkan hanyalah kecermatan dan keahlian dalam memilih wallpaper yang sesuai dengan kondisi ruangannya. Karena pada prinsipnya wallpaper ini akan menggantikan fungsi warna cat rumah.
Kemampuan memilih ini sangat dibutuhkan karena jika kita keliru dalam memilih wallpaper bisa jadi ruangan yang sudah sempit akan semakin terasa sempit dan bisa jadi ramainya warna dan motif wallpaper yang diaplikasikan dalam sebuah ruangan menjadikan suasana hati menjadi gerah dan sumpek.

Untuk itu dalam memilih wallpaper tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan agar wallpaper yang diaplikasikan dalam desain interior menambah keindahan dan kenyamanan ruangan dimana kita mengaplikasikan wallpaper tersebut. Selain itu wallpaper yang kita aplikasikan akan mempercantik ruangan itu.

Berikut adalah hal-hal yang Anda harus perhatikan:

Sesuaikan dengan Konsep desain interior rumah Anda.
konsep selalu menjadi patokan dalam merancang desain interior rumah secara keseluruhan. Konsep desain interior yang Anda tentukan ini menjadi dasar dalam memilih elemen-elemen yang akan Anda gunakan dalam desain interior rumah Anda.

Tentu akan janggal terasa konsep minimalis tetapi wallpaper yang kita pilih wallpaper yang memberi kesan sempit dan ramainya ruangan, apalagi ditambah dengan pemilihan furniture yang tidak tepat. Keindahan, kenyamanan dan kelegaan yang akan kita munculkan bisa jadi menjadi sebaliknya, sumpek dan menggerahkan.

Karenanya, melihat dan kembali ke konsep yang Anda usung dalam desain interior rumah Anda akan memandu Anda dalam memilih dan melakukan pekerjaan berikutnya. Sehingga bukan hanya biaya yang dapat Anda tekan namun waktu yang Anda gunakan untuk mengerjakan desain interior rumahpun menjadi lebih singkat.

Wallpaper untuk Konsep minimalis.
Jika konsep minimalis yang Anda usung dalam desain interior rumah Anda maka wallpaper dengan warna cat dasar yang polos dapat menjadi pilihan bijaksana Anda. Kalaupun Anda menginginkan wallpaper berpola, pola garis lurus dapat Anda aplikasikan dalam ruangan Anda. Selain itu motif airburs atau polkadot dapat menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan.

Sedangkan warna yang lembut seperti warna-warna natural akan menjadikan ruangan minimalis Anda terasa nyaman dan melegakan. Usahakan jangan memilih wallpaper dengan motif yang besar karena motif yang besar dalam ruangan minimalis justru akan memunculkan kesan sempit, sumpek dan menjepit orang yang berada di dalamnya.

Wallpaper untuk Konsep Klasik
Penerapan wallpaper pada konsep klasik dapat menjadikan ruangan menjadi nyaman dan elegan. Warna dan motif yang tidak mencolok atau warna-warna gelap dapat Anda gunakan untuk memunculkan kesan elegan tersebut. Apalagi furniture yang Anda terapkan adalah furniture mewah dan mempesona, siapapun yang berada di ruangan itu akan mengatakan wah…. dalam menilai desain interior rumah Anda.

Wallpaper untuk Konsep futuristik
Jika Anda mengusung konsep futuristik dalam desain interior rumah Anda, pilihan warna dengan garis horizontal akan memperindah dan mempercantik ruangan Anda. Warna-warna yang memberi efek ceria dapat Anda terapkan dalam ruang bermain atau kamar tidur anak Anda. Warna-warna pelangi akan menambah kesan natural namun tetap ceria dan menginspirasi putra-putri Anda.

Kedua, sesuaikan wallpaper dengan kondisi Ruangan Anda
Perhatian terhadap luasan dan bentuk ruangan sangat mempengaruhi Anda dalam memilih wallpaper yang sesuai dengan desain interior rumah Anda. Karena kesan yang ditimbulkan motif yang satu berbeda dengan motif yang lain, karenanya penting sekali Anda memperhatikan kondisi ruangan saat Anda akan memilih dan menerapkan sebuah wallpaper dalam desain interior rumah Anda.

Motif Wallpaper untuk Plafon rendah
Jika plafon ruangan Anda rendah, tentu Anda ingin agar plafon ruangan tersebut terkesan tinggi bukan? Jika demikian tentu motif-motif yang menimbulkan kesan seperti itu yang akan Anda cari. Motif garis vertikal dapat menjadi pilihan Anda dalam ruang dengan plafon rendah seperti itu.

Karena motif garis vertikal akan menimbulkan kesan tinggi pada ruangan Anda. Selain motif garis vertikal warna wallpaper hendaknya dipilih warna yang lebih terang daripada dinding sehingga kesan tinggi pada plafon Anda akan lebih muncul. Karenanya kreativitas yang cermat akan membantu Anda dalam memilih wallpaper untuk desain interior rumah Anda.


Wallpaper untuk Plafon tinggi
Berkebalikan dengan plafon rendah pada ruangan dengan plafon tinggi membutuhkan kesan panjang dan luas. Karenanya dalam memilih wallpaper pun hendaknya Anda memilih wallpaper dengan motif yang dapat menciptakan kesan itu. Motif horizontal dan warna terang dapat Anda pertimbangkan untuk memunculkan kesan tersebut.

Anda dapat memadukan wallpaper seperti itu dengan warna plafon yang lebih gelap daripada dinding sehingga ruangan akan terasa lebih luas. Selain itu Anda juga dapat menempatkan asesoris untuk dinding dalam desain interior rumah, seperti lukisan atau yang lain dengan catatan asesoris itu harus tetap menyesuaikan luas permukaan dinding.

Wallpaper untuk Ruangan Luas
Untuk ruangan yang luas warna-warna gelap seperti coklat dan biru tua akan membuat ruangan dalam desain interior rumah Anda terasa hangat dan nyaman. Sebaliknya untuk ruangan yang sempit aplikasikan wallpaper dengan warna terang sehingga jarak antar dinding akan terasa lebih luas.

Wallpaper untuk Ruangan Memanjang
Untuk ruangan yang memanjang aplikasikan wallpaper di kanan-kirinya dengan warna terang yang dikombinasikan dengan warna gelap pada dinding tengah dan lantai sehingga ruangan akan berkesan lebih luas. Di samping itu, sesuaikan dengan furniture yang ada dalam desain interior rumah Anda.

Hendaknya tetap Anda perhatikan bahwa mendesain interior rumah berarti Anda dituntut menciptakan keseimbangan dan kepaduan dari elemen-elemen pembentuknya. Karenanya, pemilihan wallpaper pun hendaknya diimbangi dengan pemilihan furniture yang sesuai dengan wallpaper yang Anda terapkan dan kondisi ruangan yang akan Anda rancang.

Sumber : http://www.interdesain.com/tips-memilih-wallpaper-untuk-desain-interior-rumah-nyaman-melegakan

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru

Label

Arsip Blog