Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Trik Untuk Desain Dapur Kecil Agar Seperti Dapur Chef!

Memasak di dapur yang bersih dan tertata cantik seperti dapur cheg tentunya menjadi impian semua orang, apalagi buat kamu yang memiiki hobi memasak. Dulu, dapur hanyalah sebuah tempat untuk kita memasak, meletakkan peralatan dapur dan tempat makan. Namun saat ini, dapur memiliki hal lebih dari sekedar tempat memasak saja. Kini, tergantung masakannya, semua membutuhkan penataan tersendiri. Nah khusus buat kamu yang memiliki dapur kecil, kali ini Kania bakal ngasih kalian tips and trik untuk desain dapur kecil agar bisa tertata dengan baik bak dapur chef.

Desain dapur kecil di sini bisa berbicara tentang bagaimana tata ruang dapur bisa menjadi hal yang krusial dalam mobilisasimu ketika memasak di dapur. Dengan fungsi tersebut, kita bisa menggunakan desain dapur kecil minimalis bergaya chef sebagai pilihan utama bagi beberapa dapur yang memiiki space kecil. Seperti apa sih, trik desain dapur kecil ala chef yag bisa dicoba? Yuk, simak ulasan dari Kania di bawah ini!

1. Buat daftar prioritas peralatan yang diperlukan


Dalam memasak, entah itu untuk dapur besar atau kecil sekalipun, tentu ada beberapa peralatan masak yang wajib digunakan dan juga ada beberapa yang hanya digunakan sesekali. Untuk desain dapur kecil, mulailah mengorganisasi peralatan memasak, dari yang sering digunakan sampai yang jarang digunakan.
Beberapa peralatan dapur dasar seperti garpu, pisau, satu set sendok, spatula, piring, dan gelas atau cangkir, untuk desain dapur kecil harus diletakkan di tempat atau kabinet yang mudah kalau bisa selalu diletakkan di kitchen island (pulau dapur) atau meja konter. Kedua alat tersebut sangat vital dalam aktivitas memasak jenis apapun.
Untuk pisau, penting juga bagi kita untuk mengetahui berbagai macam fungsi dan jenis pisau yang ada pada satu set pisau tersebut. Sehingga, pada desain dapur kecil, perlu disusun jenis pisau apa yang bisa digunakan untuk memotong daging, buah, bumbu, dan roti. Kamu bisa memilih, mana pisau yang bisa diletakkan di meja counter dan mana yang bisa disimpan di knive shelves. Rawat juga pisau secara rutin, supaya tidak ada pisau berkarat.

2. Coba memainkan jenis penataan yang tepat untuk desain dapur kecilmu.

Saat memulai untuk mendesain dapur kecil, mulai dengan penataan dan dekorasi yang tepat. Kamu bisa mempertimbangkan dekorasi dapur berbentuk L. Desain penataan dapur ini terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Ini bisa memudahkan mobillisasi ketika sedang memasak di dapur, serta bisa digunakan oleh lebih dari satu orang.


Untuk fleksibiltas aktivitas memasak yang lebih maksimal, menyenangkan, dan memungkinkanmu untuk lebih banyak berinteraksi, desain dapur kecil dengan tata ruang berbentuk huruf L ditambah dengan kehadiran kitchen island di bagian tengahnya adalah pilihan yang sangat tepat.
Adapun rancangan yang tepat buat kamu yang ingin menerapkan desain dapur kecil berbentuk huruf L. Diantaranya:

  1.   Untuk desain dapur kecil, pada bagian kanan sisi dapur, terdapat sink serta mesin cuci piring sebagai clean-up station.
  2. Bagian sisi kiri, untuk desain dapur kecil bisa sebagai penempatan kompor, microwave atau oven yang membuat zona memasakmu semakin menawan.3
  3. Area meja konter atau kitchen island yang lengkap dengan tempat minuman bisa membuat dapurmu bisa digunakan untuk jamuan makan kasual.

3. Buat kohesi untuk desain dapur kecil sehingga bisa memberi ilusi ruangan yang lebih luas


Adanya tumpukan barang seperti piring bisa membuat desain dapur kecil terlihat penuh. Pemecahannya untuk desain dapur kecil adalah dengan mencoba untuk memberikan warna cat dinding dengan warna putih serta pakai aneka piring cantik dengan warna putih. Piring yang menumpuk akan terlihat menghilang serta membuat desain dapur kecil terasa lebih rapi serta luas.

4. Pilih furnitur yang sesuai untuk desain dapur kecilmu


Untuk kesan minimalis seperti yang ada dapur chef pada desain dapur kecil, gunakanlah furniture yang pas, seperti kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Hal ini bisa membantu desain dapur kecil agar tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang yang ada.

Menggunakan perabotan dan kitchen set yang berbahan utama stainless steel untuk desain dapur kecil juga dianjurkan. Karena stainless steel bersifat netral, awet dan tahan lama. Banyak pula yang menggunakan kabinet berbahan dasar kayu. Motif alami permukaan kayu umumnya sudah pasti cocok dengan konsep dapur minimalis. Table top dapur berbahan marmer atau granit juga populer di kalangan masyarakat. Tentu saja bahan ini menambah kesan mewah dan elegan pada dapur rumahmu.


5. Pakai rak terbuka untuk desain dapur kecilmu

Dalam mendesain dapur kecil, kamu bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang bisa menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka ini bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus bisa mempercantik dapurmu jika kamu bisa menata peralatan dapur dengan baik di dalamnya.


6. Penggunaan perabotan yang mengkilat

Selain menggunakan perabotan seperti kaca, furnitur yang mengkilat seperti keramik untuk lantai dan backsplash dekat wastafel, atau alat elektronik berbahan stainless steel juga bisa dignakan untuk desain dapur kecil. Kabinet yang memiliki rangka dari stainless steel bisa membuat dapur kecilmu lebih rapi dan luas.


7. Penempatan cahaya yang cerdas untuk desain dapur kecil

Kunci dari suksesnya desain dapur kecil ala chef sebenarnya adalah kesederhanaan. Dalam hal ini, kesederhanaan desain dapur kecil salah satunya bisa diraih melalui pencahayaan ruangan yang tepat. Kamu tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier di dapur. Di dapur, kamu hanya butuh lampu gantung di langit-langit yang sederhana namun dengan watt yang cukup terang sehingga pekerjaan masak-memasak di rumah tidak terganggu.


8. Ruangan kontras membuat dapur terasa lebih luas

Untuk desain dapur kecil, jendela besar dan pencahayaan lampu berkualitas membuat ruangan akan bisa terlihat cerah mempesona. Pemilihan furnitur dengan warna gelap yang kontras dengan cat dinding akan membuat desain dapur kecil terasa lebih elegan.

Nah gimana, kira-kira trik desain dapur kecil mana nih yang kamu coba duluan? Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior istana dekor  siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan design & build kitchen set maupun mebel custom . Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. 

Segera hubungi kami :

Phone: 021 - 5568 5402 / Hp. 0812 1968 4237










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru