Pusat Interior Terbaik Untuk Anda

Takut Salah Beli Gorden? Jangan Lewatkan Tips Ini

Saat ini rumah minimalis sedang populer di kalangan warga perkotaan. Hal ini merupakan dampak dari tingginya harga tanah di perkotaan dan area yang terbatas untuk membangun rumah sehingga para arsitek dan pengusaha properti harus mencari akal agar tetap dapat membuat rumah yang mampu menjadi tempat berteduh bagi keluarga.
Munculnya konsep rumah minimalis yang luasnya yang tidak terlalu besar, bukan berarti menurunkan nilai dan fungsinya sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Rumah minimalis yang sederhana justru dianggap lebih simple dan gampang ditata karena tidak banyak ruang yang harus dirapihkan setiap harinya.
Gorden
photo by polly wreford
Untuk membuat rumah minimalis terlihat simple dan tertata, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah memilih benda-benda interior. Memilih isi rumah yang tepat bertujuan untuk menghindari kesan “terlalu penuh” di dalam rumah. Hal penting yang juga harus dipertimbangkan dalam menata rumah minimalis adalah memilih gorden yang tepat untuk ruang tamu.
Tentu kamu tidak ingin tampilan ruang tamu dengan desain minimalis dipasangi gorden dengan desain tebal dan besar karena akan terlihat tidak seimbang dengan ornamen lain di dalam rumah. Apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk memilih gorden yang sesuai dengan ruang tamu minimalismu?

Memilih Gorden untuk Ruang Tamu Minimalis

Selain untuk melindungi dalam rumah dari pancaran cahaya dari luar dan juga untuk menutup jendela, gorden adalah salah satu ornamen yang menambah nilai estetik rumahmu. Syaratnya, kamu harus memilih warna atau motif yang sesuai dengan nuansa rumah, terutama jika dipasang di ruang tamu. Model gorden yang tepat bahkan dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Berikut adalah tips memilih gorden untuk ruang tamu minimalis.
  • Model gorden
Model Gorden
photo by polly wreford
Hal pertama yang patut diperhatikan dalam memilih gorden adalah modelnya, Model gorden yang beragam seiring dengan permintaan pasar yang menuntut selalu adanya inovasi membuat banyak sekali pilihan untuk kamu pilih. Untuk desain ruang tamu yang minimalis, ada baiknya memilih gorden dengan model sederhana yang disesuaikan dengan warna cat dinding ruang tamu. Pemilihan model dapat menghindari model yang memiliki terlalu banyak aksen seperti model spanyol. Apabila kamu menginginkan kesan mewah untuk ruang tamu, kamu dapat menggunakan gorden dengan model semi spanyol. Model gorden semi spanyol memiliki lebih banyak corak dibandingkan dengan gorden minimalis pada umumnya, namun tidak berlebihan sehingga tetap sesuai dengan ruangan yang minimalis.
  • Warna
Warna Gorden
photo by polly wreford
Untuk memilih warna gorden yang sesuai dengan ruang tamu minimalis, kamu dapat memilih gorden dengan warna klasik seperti coklat atau gold. Warna tersebut dapat memberikan kesan mewah dan memberikan ilusi lebih luas pada ruangan. Untuk ruangan yang memiliki cat dinding berwarna putih, kamu juga dapat menyesuaikan warna gorden dengan warna furnitur ruang tamu.
  • Tema
Gorden
photo by polly wreford
Untuk ruangan yang lebih hidup, kamu dapat membuat tema tertentu untuk ruang tamu rumahmu. Gorden dapat menyesuaikan tema tersebut. Kamu dapat menyesuaikan corak gorden dengan corak pada sarung bantal kursi ruang tamu. Selain menciptakan kesan rapi, tema akan memunculkan sisi kreatif penghuni rumah. Meski begitu, hindari memilih corak atau motif yang terlalu ramai agar terhindar dari kesan berlebihan dan penuh dalam ruangan.
  • Motif
Gorden Motif
pinterest.com
Motif yang dapat kamu pilih untuk gorden kini tersedia dalam berbagai macam jenis. Ada beragam motif yang berbeda di pasaran. Masing-masing motif memiliki keindahan tersendiri yang harus kamu sesuaikan dengan desain ruang tamu rumahmu sebelum memasanganya. Apabila dinding ruang tamu kamu sudah penuh dengan corak atau motif seperti dilapisi dengan wallpaper bermotif atau stiker, maka lebih baik pilih gorden tanpa motif atau polos. Namun, jika dinding ruang tamu berwarna polos, maka gorden minimalis bercorak sangat cocok dijadikan pilihan.
  • Bahan
Bahan Gorden
pinterest.com
Sebagai pertimbangan memilih bahan gorden, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Apabila ruang tamu kamu dapat dimasuki sinar matahari, maka memilih gorden dengan bahan blackout dapat menjadi solusi agar suhu dalam ruangan panas dan terasa silau. Namun, bila kaca ruangan sudah berbahan riben, kamu dapat memilih gorden dengan bahan lebih tipis.

Pengaruh Warna Gorden untuk Nuansa Ruangan

Salah satu faktor terbesar yang memengaruhi cocok tidaknya sebuah gorden dengan nuansa ruangan adalah warna gorden. Dengan warna yang cocok kamu dapat menentukan nuansa ruangan tersebut. Hal itu dapat disesuaikan dengan nuansa yang ingin kamu dan orang lain dapatkan ketika berada di ruangan tersebut. Berikut beberapa pilihan warna gorden yang dapat kamu pilih.
  • Gorden Warna Cerah
Gorden Warna Cerah
pinterest.com
Gorden dengan warna beragam akan memberikan nuansa ceria dan menambah mood orang yang berada di ruangan itu. Jika ruang tamu dicat dengan warna putih atau warna netral lainnya, gorden warna-warni dapat menjadi pilihan untuk mencerahkan ruangan tamu minimalis kamu.
  • Gorden Warna Gelap atau Warna Dasar
Gorden Warna Gelap
pinterest.com
Warna-warna gelap adalah pilihan yang dapat dipertimbangkan jika ruang tamu kamu terasa terlalu terang atau silau. Warna-warna gelap biasanya lebih netral dan memberikan nuansa yang lebih sejuk dibandingkan warna terang. Selain itu, kamu juga dapat memilih warna-warna dasar seperti warna hitam atau putih untuk mempertahankan kesan simple dan minimalis ruangan tersebut. Warna-warna tersebut juga dapat dipadupadankan dengan hampir semua warna dinding rumah.
  • Gorden warna pastel
Gorden Warna Pastel
pinterest.com
Jika kamu menginginkan kesan hangat namun tidak ingin terlalu mencolok dengan warna-warna cerah, pilihlah gorden dengan warna-warna pastel. Tidak seperti warna-warna cerah yang memberikan kesan terang pada ruangan dan tidak seperti warna gelap yang memberikan kesan gelap, warna pastel memberikan nuansa netral dan hangat. Cocok untuk ruangan dengan cat dinding warna netral seperti putih.

Gorden Minimalis untuk Ruang Tamu

Gorden Ruang Tamu
pinterest.com
Setelah membaca tips-tips memilih gorden ruang tamu di atas tentu kamu sudah membayangkan ingin membeli gorden yang seperti apa untuk menghiasi ruang tamu minimalismu. Satu kunci terakhir untuk mendapatkan gorden yang sesuai dengan ruang tamu minimalis adalah tidak berlebihan, baik secara ukuran maupun desainnya. Ada baiknya warna dan motif menyesuaikan dengan perabotan lain yang ada di ruang tamu. Pilihan warna yang senada membuat ruangan terlihat lebih rapih, terkonsep dan nyaman dipandang mata.
Namun, tidak ada salahnya untuk berani menabrakkan warna saat memilih gorden ruang tamu. Asalkan kamu memang sudah merencanakan hal tersebut dengan baik dan mempertimbangkan nuansa yang kamu inginkan. Untuk kamu yang lebih senang berbelanja online, jangan takut. Saat ini toko-toko online menyediakan ulasan dari pembeli untuk dapat melihat kualitas barang yang ingin kamu beli. Salah satunya di dekoruma.com, kamu dapat menemukan gorden berkualitas terbaik dengan harga murah!

sumber : https://www.dekoruma.com/artikel/18088/9-hal-yang-gak-boleh-ketinggalan-sebelum-membeli-gorden
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Postingan Terbaru